Di Balik Ide James Riady Bikin Bisnis Pemakaman Mewah

Di Balik Ide James Riady Bikin Bisnis Pemakaman Mewah

Jakarta - Pengusaha kaya pemilik Lippo Group James Riady bakal terus melebarkan bisnis pemakaman mewahnya adalah San Diego Hills ke kota-kota besar lain. Apa alasan James membuatkan bisnis ini?

James mengatakan, tren kehidupan masyarakat Indonesia bakal terus meningkat, begitu juga dengan tren kemarin. Ini yang menjadikan James terus membuatkan bisnis properti termasuk pemakaman mewah.

\\\"Bagian dari pengembangan masyarakat kita terus berkembang dan otomatis gaya hidup berubah. Dulu waktu Indonesia 10 tahun lalu, yang masyarakat kita inginkan lain dibandingkan sekarang, dulu jika ngantre setengah jam oke, tapi jika sekarang orang ngantre setengah jam mampu marah, nunggu bikin KTP juga nggak mau lama-lama, jadi sama halnya mengenai pemakaman,\\\" ujar James di kantor Bappenas, Jalan Diponegoro, Jakarta, Selasa (15\/5\/2012).

James menilai ketika ini pemakaman tidak boleh hanya menjadi daerah yang duka bagi pihak keluarga. Untuk itu, pemakaman perlu mempunyai fasilitas-fasilitas lain.

\\\"Kematian membawa kesedihan tetapi pemakaman zaman sekarang itu sebagian besar itu tidak mengurangi kesedihan tapi menambah kesedihan dengan tidak adanya fasilitas, dengan tidak nyaman. Kaprikornus diharapkan, yang akan datang itu akomodasi pemakaman itu bukan sekadar akomodasi pemakaman tapi daerah yang memberi hormat bagi orang yang meninggal,\\\" ujarnya.

Melihat tren ini, James mengakui akan terus melaksanakan ekspansi pembuatan makam mewah di kota-kota besar, ibarat Medan dan Surabaya.

\\\"Saya kira banyak yang ketika ini memikirkan ke sana (ekspansi di kota-kota besar),\\\" tandasnya.

Nama pemakaman mewah San Diego Hills di Karawang, Jawa Barat kembali mencuat belakangan ini. Beberapa publik figur ibarat pejabat antara lain Wamen ESDM Widjajono Partowidagdo dan Menkes non aktif Endang Rahayu Sedyaningsih dimakamkan di lokasi tersebut.

San Diego Hills kini memang sudah menjadi lokasi favorit bagi kalangan atas ibarat pejabat, artis, atau pengusaha sebagai daerah peristirahatan terakhir.

Kawasan San Diego Hills kini memiliki luas 500 hektar, rencananya dilokasi lainnya ibarat Surabaya akan disiapkan dengan luas lahan 300 hektar.

San Diego Hills dianggap sebagai daerah memorial park paling mengagumkan di Indonesia. Memorial park ini dilengkapi akomodasi restoran, kapel, masjid, kolam renang, daerah bermain anak, danau dan lainnya. Bahkan lokasi pemakaman ini menyediakan lokasi meeting, outbound dan daerah untuk menikah.

Comments

Popular posts from this blog

Bos Properti Berdarah RI Ini Kembali Jual Proyek Apartemen Mewah Rp 2 T di Sydney

Dalam 2 Jam, 98 Unit Rumah Rp 900 Juta di Serpong Ludes

Gandeng Airport Terbaik Dunia, AP I Ingin Bandaranya Sekelas Singapura