Tips Memakai Jasa Arsitek dan Desainer Interior

Tips Memakai Jasa Arsitek dan Desainer Interior

Jakarta - Kini banyak rumah dijual dengan desain menarik. Belum lagi apartemen murah yang menghadirkan hunian hijau dengan konsep desain minimalis kontemporer.

Bagi pemula karena khawatir biaya jasa arsitek atau desainer interior rumah mahal, tak sedikit orang yang ragu dalam menggunakan jasa konsultan arsitektur maupun interior. Kini Rumahku mengupas wacana penggunaan jasa arsitek dan interior desainer.

Baiknya kenali lebih dulu bahwa peran arsitek dan desainer interior merupakan dua hal berbeda, meski keduanya sama-sama mendesain ruang. Secara teknis, definisi dari desain arsitektur mendesain tampak luar sebuah bangunan, rumahm ruko, rukan, mall, hingga gedung perkantoran. Sementara desainer interior mendesain tampak dalam sebuah ruang menyerupai mendesain kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi, dapur, ruang kerja. Termasuk pemilihan furniture, pemilihan warna cat dinding, lantai, plafon, pencahayaan (lighting) dalam ruang.

Desain eksterior

Itulah sebabnya untuk jasa arsitektur mampu dikategorikan menjadi 3 menyerupai :

1. Minimal

Kategori minimal sendiri menyerupai jasa pembuatan gambar arsitektur berupa denah, gambar tapak, dan pecahan serta pengamatan lokasi\/survey.

2. Sedang

Kategori sedang yaitu jasa minimal ditambah dengan perspektif eksterior.

3. Penuh

Jasa penuh meliputi kategori sedang ditambah dengan gambar sistem pipa, gambar sistem sanitasi, gambar instalasi listrik, estimasi biaya (RAB) rencana agenda pembangunan (schedule kerja), dan pengawasan pembangunan.

Selain jasa arsitektur diatas, Anda mampu meminta jasa pembangunan\/kontraktor dimana hal ini juga sama saja dengan meminta jasa design and build. Lalu bagaimana perhitungannya? Tentu setiap kantor arsitek memiliki cara menghitung jasa yang berbeda.

Ada yang menghitung berdasarkan meter persegi, jam kerja, hingga persentase. Bila di dasarkan atas persentase, kisaran biaya arsitek (jasa penuh) berkisar 3 hingga 10 persen dari total Rancangan Aggaran Biaya (RAB).

Semakin besar bangunan Anda tentu semakin kecil nilai persentasenya. Bahkan untuk desain bangunan besar menyerupai mall atau perkantoran, desain fee sering kali kurang dari 1%. Nah, Anda tentu dapat menghitung maksimal biaya yang dikeluarkan dengan patokan rata-rata pembangunan rumah kualitas standard sekitar Rp 2.5 juta per meter perseginya.

Desain Interior

Lalu bagaimana perhitungan untuk jasa desainer interior? Memiliki prosentase yang menyerupai namun umumnya untuk interior lebih banyak didominasi banyak orang lebih suka meminta jasa design and build.

Artinya, meminta jasa desain ruang sekaligus juga memilih perabotan, pembuatan lantai, plafon, lighting, hingga proses pengecatan dinding. Ketika budget terbatas ataupun sudah mencukupi, Anda dapat mulai mengisi furniturenya satu persatu.

Pastikan dalam proses tersebut kita sudah menentukan desain rumah menyerupai apa yang di inginkan. Etnik, retro, modern, klasik, hingga desain dengan dekorasi minimalis? Semua selera Anda.

Comments

Popular posts from this blog

Bos Properti Berdarah RI Ini Kembali Jual Proyek Apartemen Mewah Rp 2 T di Sydney

Dalam 2 Jam, 98 Unit Rumah Rp 900 Juta di Serpong Ludes

Gandeng Airport Terbaik Dunia, AP I Ingin Bandaranya Sekelas Singapura